Minggu, 20 Maret 2011

Pertamina Tandatangani Emission Reduction Purchase Agreement

JAKARTA, 18 Maret 2011 - Anak Perusahaan Pertamina, PT PertaminaGeothermal Energy, menandatangani Emission Reduction Purchase Agreement (ERPA) dengan South Pole Assets Management Ltd.

Emission Reduction merupakan salah satu bukti komitmen Pertaminadalam mengurangi gas yang menyebabkan efek rumah kaca di Indonesia. Pertaminatelah menjalankan mekanisme yang lebih baik di sektor hulu maupun hilir dan melaporkan pengurangan emisi setiap tahun kepada Kementerian Lingkungan Hidup.

Usaha-usaha pengurangan emisi yang telah dilakukan di antaranya adalah penggunaan musicool sebagai refrigerant, transfer pengunaan solar menjadi gas pada combustion unit, meningkatkan nilai keekonomian flaring gas sehingga dapat dijual menjadi energi, penggunaan gas dengan membanguna LPG plant dan terutama adalah pengembangan Geothermal sebagai sumber energi yang bersih.

Selain itu, PertaminaGeothermal Energy juga akan melaksanakan clean development mechanism (CDM) yang sama di Karaha Unit 1, Lumut Balai Unit 3 & 4 and Kamojang Unit 5 yang perkiraan pengurangan emisinya mencapai 970.000 tCO2 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar